APA
HUBUNGAN MARGA SITEPU DENGAN SIHOTANG
OLEH : M. K, SITEPU dan PATAR SIHOTANG SH MH
------------------------------------------------------------------------------------------------
Masing-Masing Suku Dan Marga Atau Keluarga Ada Memiliki Tempat
Asal-Usulsendiri. Kebhenikan Ini Di Akui Dalam Negara Kita Yang Berdasarkan
Pancasila.
Marga Karo-Karo Merupakan Suatu Cabang Dari Marga Yang Dimiliki Suku
Karo Yang Jumlahnya 5 ( Lima )Buah, Yaitu Karo-Karo, Ginting, Perangin-Angin,
Tarigan Dan Sembiring. Masing-Masing Cabang Karo-Karo Ini, Memiliki Pula
Belasan Cabang Lagi. Salah Satu Cabanag Marga Karo-Karo Adalah Sitepu.
Lengkapnya Karo-Karo Sitepu. Marga Karo-Karosaja Tidak Ada. Mesti Tertera
Cabangnya.
Kelompok Sitepu Ini, Banyak Sekali
Jumlahnya Dan Daerahnya Pun Luas Sekali.
Dua Kerjaan Atau Urung Sitepudi Zaman Belanda, Ialah Urung Empat Teran
Dan Urung Sienem Kuta. Yang Pertama Ibu Negerinya Naman Dan Yang Ke Dua Ibu
Negerinya Sukanalu. (Di Urung Empat Teran Juga Ada Nama Sukanalu.
Di Luar Kerajaan Yang Ke Dua Ini, Kita Kenal Wilayah Yng Berpenduduk
Banyak Sekalli Marga Sitepu Seperti Langkat, Deli Serdang, Liang Melas,
Beganding, Kinepen, Berastepu, Gurukinayan, Lingkungan Urung Tigapancur. Begitu
Juga Di Tanah Alas, Kisam Dangayo Luas. Dari Cingkes Ada Berserakke Simalungun
Dengan Nama Sitopu.
Yang Di Maksut Dengan Kuta Kemulihen, Bukanlah Desa Dari Mana Asal-Usul
Marga Karo-Karo Sitepu, Tetapi Adalah Desa ‘’ Nenek Moyanngnya. Dapat Juga Di
Artikan ‘’ Ingan Pusing Adbuh ‘’Atau Tempat Kelahiran. Dengan Demikian Berarti
‘’ Kuta Kemulihen ‘’ Mempunyai Terjemahan Yang Berbeda-Beda Bagi Setiap Orang,
Karena Sekali Pun Kita Lahir Di Jakarta, Bukan Berarti Di Danalah ‘’ Kuta
Kemulihenta,’’ Karena Taneh Pateken Nininta, Semenjak Kita Diperknalkan Dengan
Marga Kita Di Sumatra Utara. Walau Pun Nenek Moyang Kita Telah Berpindah-Pindah
Tururn Temurun Dari Ndeskati Ke Badiken Atau Toraja ( Kutarayat ). Lalu Ke
Langkat Atau Dari Ndeskatike Naman Dan Terus Ke Kutambaru ( Liang Melas ) Terus
Ke Rambah Tampu, Lalu Ke Tanjung Karang.
Pengertian Kuta Kemuli Henta Di Serahkan Kepada Pengertian Kita
Masing-Masing. Pencananga Progam Gubsu Dio Atas, Selain Menuntut Dedikasi Kita
Yang Semakin Tinggal Dalam Pembangunan Daerah Sumut, Juga Secara Tidak Langsung
Mengisyaratkan Agar Setiap Warga Masyarakat Asal Sumut, Di Mana Pun Dia Berada,
Perlu Di Ketahui Silsilah Dan Asal Usulnya.
Tuntunan Pergulan Dan Perkawinan Antara Suku Yang Berbeda, Sering Memaksakita
Menuntutkan Sikap Dalam Adat Perkawinan,
Khususnya Bagi Masyarakat Yang Mengaku Turunan Batak, Yang Berprinsip
Kekerabatan Rakut Sitelu Atau Dalihan Natolu, Guna Menetap Siapa Kalimbubu,
Hula-Hul, Kula-Kula, Tondong Atau Mora. Dan Siapa Pula Senina Dongan Tebu,
Senina, Sembuyak Dan Siapa Pula Pihak Anak Beru, Boru, Pamoruan Di Tambah Lagi
Dengan Kebiasaan Orang Luar Yang Mengawini Wanita Batak, Menetapkan Sendiri
Marga Pilihannya Untuk Dia Pakai Selama-Lamanya Sampai Turunannya, Demi Prinsip
Rakut Sitelu.
Penentuan Pilihan Ini Menjadi Hak Seseorang Sebagian Besar Belum Punya
Perumusan Kesamaan. Namun Alasan Pemilihan Itu Haruslah Di Jelaskan, Sehingga
Menjadi Pertimbangan Teman Yang Masih Menimbang-Nimbang Kesamaan Marganya.
Bertahun-Tahun Menulis Diliputi Dengan Keragu-Raguan Mengenai Kesamaan
Marga Karo-Karo Sitepu Dengan Marga Yang Ada Di Tapanuli Atau Pak-Pak,
Simalungun Sehingga Akhirnya Karena Keharusannya Pergaulan, Argumentasi
Perasaan Keimanan.
Sebuah Buku Kecil Berjudul ( P E R S A T U A N S I G O D A N G U L U
S I H O T A N G ), Ada Di Tangan Saya Yang Di Cetak Tahun 1964 Di Medan.
Dalam Buku Ini Tertera Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan
Tersebut, Di Lengkapi Dengan Susunan Pengurusan Dan Sebuah Tarombo Sihotang
Dengan Anak-Anaknya Yang Sebagian Menyebar Ke Tanah Karo. Nama Pengutrus Yang
Teteradi Sana Antara Lain : Matang
Sitepu, T.M. Sinulingga, Kok Sitepu, Dr.B. Sitepu Pandebesi, Drs. Pelar Sitepu,
R.K. Sitepu, Raja Bale Barus, Ngajungken Sitepu, P. Sitepu Dan Lain-Lainnya
Dari Suku Tapanuli Atau Pak-Pak.
Terombo Yang Tertera Sebagai Berikut :
Sihotang Sigodang Ulu Mempunyai 7 Orang Anak Lakli-Laki Dan Seorang
Wanitayang Bernama Siboru Sobusihon, Yang Kawin Dengan Marga Simanjutak.
Anak Laki-Laki Pertama Sipardabuan Pindah Ke Negeri Sumbul, Memakai
Marga Siketang Manik Dan Mengembang Ke Parongil Memakai Marga Mataniari. Ada
Pula Yang Pindah Ke Kutausang Yang Memakai Marga Barus. Serta Seterusnya Ke
Karo Memakai Marga Karo-Karo Barus. Anak Laki-Laki Yang Ke Dua Sorganimusu.
Turunannya Tidak Ada Ke Karo.
Anak Laki-Laki Ketiga Sitorban Dolok. Turunannya Ada Pindh Ke Tanah Karo
Dan Memakai Marga Sitepu Dan Bergabung Dengan Marga Karo-Karolainnya Termasuk
Marga Sinibulan, Baturanggar Dan Bukit. Suku Inilah Yang Banyak Pindah Ke Tanah
Alas, Gayo Dan Langkat.
Anak Laki-Laki Ke Empat Sirandos, Turunannya Tidak Ada Ke Karo.
Anak Laki-Laki Ke Lima Simarsoit, Turunannya Tidak Ada Ke Karo.
Anak Laki-Laki Ke Enam raja tunggal Hasugian. Sebagian Turunannya Pindah Ke Dairi,
Disebut Siketang Lingga Dan Mengembang Ke Tanah Karo, Memakai Marga Sinukaban, Sinulingga, Surbakti, Torong Dan
Kacaribu.
Anak Laki-Laki Ke Tujuh orang kaya tua hasugian , Melalui Dairi Turunannya Ada Ke
Tanah Karo Dan Memakai Marga Sinuraya Dan Sinuhaji.
Menyadari Bahwa Penulis Tidak Punya Ilmu Dan Pengetahuan Lain Terombo Di
Maksud, Di Samping Selaku Seorang Umat Beragama, Dimana Dalam Salah Satu Kaidahnya Menyatakan, Harus Dan Wajiblah
Menghormati Oirang Tua, Supaya Bisa Hidup Sejahtera Di Atas Bumi Ini. ‘’ Orang
Tua Bukan Hanya Yang Melahirkan, Tapi Semua Saudara-Saudaranya, Bapak Dan Neneknya.
Atas Dasar Inilah Penulis Berketetapan Hati Mengikuti Jejak Orang Tua Tersebut.
Sehingga Menyatakan Diri Bahwa Marga Sitepu Dan Termasuk Karo-Karo Lainnya
Adalah Turunan Sihotang Sigodang Ulu.
Khusus Untuk Marga Karo-Karo Sitepu, Salah Seorang Dari Turunan Sitorban
Dolok, Pada Turunan Yang Sekian, Sinapnap Nadua, Anak Dari Datuk ( P A RA J A O N ), Dalam Pengembaraannya
Dapat Membuktikan Bahwa Air Yang Di Bawa Dari Negeri Sihotang Dalam Tabu-Tabu
Adalah Serupa Berat Atau Dos Katina, Deskatina Dengan Air Di Empat Teran,
Sehingga Desa Kediaman Pertama Ini Di Namai Dekati Atau Ndeskatui. Kelak Dari
Desa Inilahterbentuk Badiken, Pandebesi Dan Ndeskati ( Sigarang-Garang, Naman Dan Deskati ).
Negeri Telu Nteran Ini Belumlah Sempurna, Jikalau Tidak Raja Galunggung Yang
Bernama Simanalu Adik Dari Sinapnap Nadua Dfatang Ke Sana Dan Mendirikan
Sukanalu Dekah, Atas Petunjuk Abangnya Ndeskati Dan Jaminan Keamanan Dari Ipar
Kandungnya, Suami Dari Beru Sitelpis Gantang, Yang Bernama Sagala Bangunrea. Ke
Empat Desa Di Atalah Cikal Bakal Marga Sitepu, Di Manapun Berada, Sebagai Mana
Diuraikan Terdahulu. Kerajaan Urung Empat Teran Melalui Sukanalu Berkembang
Membentuk Kerajaan Baru Urung Sienem Kuta Yang Belakangan Raja Urungnya
Berdudukan Di Sukanalu Simbelang, Di Bawah Landschap Adalah Sukanalu, Sukajulu,
Bulanjahr, Bulanjulu. Rumanis Dan Sinaman Yang Dulunya Dari Raja Sinembah Alias
Semangat. ( Di Sini Ada Kekeliruan Penulis Sedikit. Sebenarnya Enam Desa Di
Maksud Adalah Sukanalu, Sukajulu, Bulanjahe, Rumanis, Sinamandan Raja Sinembah.
Rajasinembah Di Ganti Namanya Sesudah Kita Merdeka Dengan Nama Semangat. Pen )
Justru Itu Sudah Sewajarnya Setiap Orang Yang Merasa Dirinya Turunan
Sitepu, Haruslah Berusaha Mengindentikasikan Dirinya Terhadap Empat Cikal Bakal
Tersebut, Sekalipun Melalui Daerah Sebenarnya.
Dengan Cara Demikian Di Harapkan, Akan Tidak Ada Orang Sitepu Pun Yang
Kehilangan Induk…
Demikian lah Hubungan marga sitepu dan Marga Sihotang ..dan apabila ada koreksi atau Tambahan atau pun kritik silahkan di Tanggapin ,demi meningkatkan pelestarian budaya Batak ..
DITULIS KEMBALI OLEH PATAR SIHOTANG SH MH
NOMOR KONTAK WATSABB 082113185141
DITULIS KEMBALI OLEH PATAR SIHOTANG SH MH
NOMOR KONTAK WATSABB 082113185141
Liat aja dr alat musiknya. Dr alat musik aja udh beda. Jd udh jelas batak sm karo itu beda
BalasHapusCocok..dr bahasa sudah beda.. Sitepu lahir memang dr asal karo karo. Marga Karo karo bpk dr marga sitepu.
Hapusapa kahh sihotang dan sitepu bisa menikah?
Hapusmjj. asal usul sinuraya janari kira - kira pa...
BalasHapusbujur
pelestarian budaya batak.... siat takal siat daging....ula perseri tutur ras tarombo kdkd... mejuah juah...
BalasHapuspelestarian budaya batak.... siat takal siat daging....ula perseri tutur ras tarombo kdkd... mejuah juah...
BalasHapusDongeng pengantar tidur... tidak ada buktinya... coba buktikan secara ilmiah dengan penelitian DNA... sama seperti legenda terciptanya danau tob yg katanya ada kaitannya sama anak yg ibunya dari ikan.... welehhh welehhh... hari begini masih mendongeng....
BalasHapusMaaf tuan Sam Ginting. .
BalasHapusGimana bila Anda cocok kan saja pernyataan ini
Dengan orang2 yang brmarga Sitepu
Maaf kalau saya salah. .
Trima kasih
DNA karo dan batak beda bro. Karo berDNA negroid sedangkan batak berDNA indocina/monggoloid.
HapusMaaf tuan Sam Ginting. .
BalasHapusGimana bila Anda cocok kan saja pernyataan ini
Dengan orang2 yang brmarga Sitepu
Maaf kalau saya salah. .
Trima kasih
Maaf tuan Sam Ginting. .
BalasHapusGimana bila Anda cocok kan saja pernyataan ini
Dengan orang2 yang brmarga Sitepu
Maaf kalau saya salah. .
Trima kasih
kami sitepu gk pernah diajarkan dlm sejarah marga sitepu berasal dari sihotang, karna dulu sitepu adalah berasal dari panggilan sipuaa. seorg anak sikaro karo anak ketiga ,, sipuaa ni seorg pendekar sakti yg tdk tertandingi. setelah dewasa namya sitepu, dan beranak binak, dan berkampung, yg sekarang nama kmpumgnya, rumamis, semangat, dan seterusnya menyebar kepelosok tsnah karo beranak binak, bukan dari sihotang, yg buat sejarah mengaburkan itu bukunya si w.m hutagalung dgn tarombo bataknya, seolah olah dari marga batak semua,pdahal cuma satu yg dtg. biar bisa berkampung ditanah karo, mereka mengganti marganya dgn marga org karo, seperti sihotang supaya bisa tinggal dikampungnya sitepu mereka merubah marganya jd sitepu, dan jd byk org batak menganggp sitepu dari sihotang padal salah, itu karna bukunya si w.m hutagalung yg laris lalu disebar dari mulut kemulut,, karo bukan batak, dan sitepu bukan dihotang,
HapusKamu jg salah bro!!!karo itu suku batak!!!jadi tolong jangan asal buyi msalah sitepu sma marga sihotang itu antar per orangan. Ada yg percaya ada pula yg g percaya tp camkan dengan baik klo karo itu jelas batak.
HapusKamu jg salah bro!!!karo itu suku batak!!!jadi tolong jangan asal buyi msalah sitepu sma marga sihotang itu antar per orangan. Ada yg percaya ada pula yg g percaya tp camkan dengan baik klo karo itu jelas batak.
Hapusapakah sihotang dan sitepu bisa menikah?
HapusAnak sihotang sigodang ulu kok 7 ya..bukan 6 kah?
BalasHapusDari istri pertama
1. Sihotang Pardabuan
2. Sihotang Sorganimusu
3. Sihotang Torbandolok
4. Sihotang Sirandos
5. Sihotang Simarsoit
Dari istri Pkedua
6. Sihotang hasugian ( anaknya 2 ) 1. Hasugian Lumbanbatu
2. Hasugian Orang kaya tua
satu satunya borunya yang Nikah ke Marga Simanjuntak yaitu
7. Boru Sibosihon
Dalam ada Batak anak lelaki yg masuk tarombo
HapusSigodang ulu Sihotang 7 anak nya dan memiliki 1 Boru (sobosihon)
Tapi klo digabung semua jadi disebut nya keturunan sigodang ulu Sihotang dari kedua istrinya adalah 8 orang.
Memiliki 7 anak dan 1 Boru (keturunan)
6 anak 1 boru
HapusHoras pra,manukun jo bah,au marga marbun do,,kita padan ,,apa ada sitepu sihotang,adong mandok dihuta nami stepu( sihotang) marpadan inna marbun tu sitepu ate toho doi appara?
HapusAnak sihotang sigodang ulu kok 7 ya..bukan 6 kah?
BalasHapusDari istri pertama
1. Sihotang Pardabuan
2. Sihotang Sorganimusu
3. Sihotang Torbandolok
4. Sihotang Sirandos
5. Sihotang Simarsoit
Dari istri Pkedua
6. Sihotang hasugian ( anaknya 2 ) 1. Hasugian Lumbanbatu
2. Hasugian Orang kaya tua
satu satunya borunya yang Nikah ke Marga Simanjuntak yaitu
7. Boru Sibosihon
Trombo mu aja dah salah....
HapusMau masuk pula kau ke suku karo.....
Nampak x dah dibuat2.
Kami kenal ertutur gak trombo.....
Sejarah itu berhubungan dengan tmpat, tahun.
Bukan dongeng belaka....
Jangan meada2 lah
ertutur dalam Toba martutur bos atau martarombo
Hapusertutur dalam Toba martutur bos atau martarombo
Hapusertutur bukan tarombo, kalau ertutur menyakan berapa org kalian bersaudara, piga km sembuyak, merga kai km, merga ap km,,bre kai km, nande km bru ap,, itu la kira2 dan seterusnya, kalau Tarombo membicarakan ttg turun temurun marga batak, contoh, simanjuntak, simanjuntak apa, dan no berapa n0.1 no.2 no.3 tarombo batak , hya ttg marga kemarga, law sdh satu marga sudh pamili kalian, kalau org karo merga satu dgn merga lain gk bisa dibilang saudara , karna gk ada hubungan merga satu dgn yg lain,, misnya sitepu dgn sinuraya hya satu merga tdk ada hubungan famili, kslau tdk ada ikatan perkawinan persaudaran
HapusCoba anda baca cerita marga Siketang.drimana pula ceritanya Marga Barus,Bukit turunan sihotang.Marga Karo karo asli adalah Karosekali.cuba pelajarindu turi turin merga Sinulingga.enca pelajarindu sinulisken tarombo batak AW Hutagalung.gelah nggo tehndu kai maksudna.selamat erlajar
BalasHapusCoba anda baca cerita marga Siketang.drimana pula ceritanya Marga Barus,Bukit turunan sihotang.Marga Karo karo asli adalah Karosekali.cuba pelajarindu turi turin merga Sinulingga.enca pelajarindu sinulisken tarombo batak AW Hutagalung.gelah nggo tehndu kai maksudna.selamat erlajar
BalasHapusCoba anda baca cerita marga Siketang.drimana pula ceritanya Marga Barus,Bukit turunan sihotang.Marga Karo karo asli adalah Karosekali.cuba pelajarindu turi turin merga Sinulingga.enca pelajarindu sinulisken tarombo batak AW Hutagalung.gelah nggo tehndu kai maksudna.selamat erlajar
BalasHapusJering mana jering....
BalasHapusJering mana jering....
BalasHapusBruakakkaka...
BalasHapusCocokologi ini ya??
Jering...jering... 😂😂😂
Bruakakkaka...
BalasHapusCocokologi ini ya??
Jering...jering... 😂😂😂
Apa kuta usang....
BalasHapusKeteng....
Apa mana buktinya kuta usang tadi.
Batak kau jangan mengada... Ada
Menulis sejarah secara serampangan dan menduga duga bisa menyesatkan. Merga Sitepu, Bukit, Barus sudah ada di Tanah Karo sebelum datangnya orang orang dari Toba. Marga Sihotang datang ke Karo menempel dan menggabungkan diri masuk ke merga Karo Karo. Mereka pendatang, bukan asal usul merga Sitepu atau Karo Karo lainnya.
BalasHapusBenar, kalau Sitepu adlh Marga yang berasal dari Batak Karo,
HapusAndaikata, sihotang yang sudah menggabungkan diri ke karo menjadi Sitepu, kemudian memiliki keturunan apakah dapat dikatakan sebagai Keturunan Asli Marga Sitepu?
Pertanyaan selanjutnya
Apakah salah apabila ada yang menyampaikan "Kita Sitepu yang sebenarnya berasal dari Marga Sihotang" ?
Menurut hemat saya, Redaksi ini sekedar memberikan informasi "Terdapat beberapa Marga Sitepu yang merupakan berasal dari Marga Sihotang", dan di dalam tulisan ini Tidak Ada Yang Menyatakan Marga Sitepu Bukan Berasal Dari Suku Batak Karo
sitepu tdk pernah dlm.sejarah keturunan sitepu berasal dari sihotang, jgnberbohong nnti kenak.ajab dari tuhan, mati kau tdk diterima tanah
Hapussitepu anak ketiga dari sikaro karo, bukan sihotang, sihotang dalam sejarah sitepu tdk ada marga sihotang dimarga sitepu,, yg ada ditorombo batak, yg ciptakan WM hutagalung dgn buku tarombo batak. ertutur karo sihotang gk ada dlm buku adat karo
HapusKlo masih anak ingusan jangan bahas tarombo lah. Smua suku ada silsilahya beda karo beda toba. Tp smua itu keturunan batak
Hapussebenarnya saya pernah mendengar ini dri marga sitepu sama dengan sihotang, klo mmng ada buku yg ditulis itu, coba diposting dulu sbgai bukti bahwa itu ditulis tahun 1964
BalasHapusitu sitepu cangkokan yg bilang, tdk ada sitepu berasal dari sihotang, mungkin dia dtgng ketanah karo malu pakai marganya digantinya marganya jd sitepu, itu pun mungkin satu dlm seribu, saya tegas kan sitepu tdk pernah merasa dari sihotang, krna sitepu seblm adanya suku batak, sitepu sdh ada
Hapusbuku ditulis tahun1964, sementara marga sitepu sdh ada 900 tahun yg lalu, , raja batak ada 600 thn yg lalu, yg asal muasal marga batak lahir. jd tdk mendasar dongeng kalian itu, coba kalian apa yg kalian ketahui ttg sitepu utk sebutan laki2 dan prempuan, apa ada pd marga sihotang, jelaskan, jgn mengada ada ya
HapusSongong bangat lo bro bisa g km buktiin ucapanmu itu. Terbentukya batak sudah beribu tahun lalu. Coba posting dlu klo batak itu masih 600tahun dan coba posting jg klo sitepu itu da 900 tahun. Klo km g tau silsilah jangan asal mgomong.
HapusSongong bangat lo bro bisa g km buktiin ucapanmu itu. Terbentukya batak sudah beribu tahun lalu. Coba posting dlu klo batak itu masih 600tahun dan coba posting jg klo sitepu itu da 900 tahun. Klo km g tau silsilah jangan asal mgomong.
HapusKurang updite kau bro. Penelitian membuktikan batak/toba masih 600tahun bro. Bahkan fosil di pisuh buhit yg katanya awal peradapan masyarakat batak saja masih 300 tahun yg paling tua. Masak mau ngaku2 suku kami daei kelen😂😂. Mimpi kali
HapusDari ulasan ini bro bro nampak nya orang yg berpendidikan. Tapi kurang memahami cara mengeluarkan pendapat. Mau kau gk ngakuin silahkan saja tp yg pasti semua sanggahan mu itu jg pendapat yg mungkin kau baca jg dari tulisan orang lain. Karena kau jg belum ada pada jaman itu. Simpan saja ilmu mu itu di otakmu jgn kau rusak hub yg sdh baik selama ini antara Sihotang dgn Karo Karo pd umum nya, khususnya SITEPU
HapusDari ulasan ini bro bro nampak nya orang yg berpendidikan. Tapi kurang memahami cara mengeluarkan pendapat. Mau kau gk ngakuin silahkan saja tp yg pasti semua sanggahan mu itu jg pendapat yg mungkin kau baca jg dari tulisan orang lain. Karena kau jg belum ada pada jaman itu. Simpan saja ilmu mu itu di otakmu jgn kau rusak hub yg sdh baik selama ini antara Sihotang dgn Karo Karo pd umum nya, khususnya SITEPU
HapusSaya setuju kalau sejarah itu hrs ada bukti peninggalannya bisa berupa candi tugu, makam,rumah, gedung,tulisan, dll. Kalau pendekatan sosiologi apa yg disampaikan pak Robbana bisa benar. Tapi saya marga Sihotang sdh merasa bersaudara dengan marga Sitepu dan Sitepu juga kalau ketemu dgn kami juga merasa saudara.
BalasHapuskalau pun itu sama, bukan berarti sitepu berasal dari sihotang, krn sitepu berasal dari sikaro karo, ank ketiga dari karo karo. sitepu ini dulu masi anak ank merantau kekampung lain, sitepu ini dlu sebelum sitepu, dia namanya sipuaa, sipuaa ne seorg ank berilmu tinggi, dia seorg pendekar yg cukup sakti, tdk bisa dikalahkan ,berasal dari ipuputa,,hingga dewasa baru dipanggil sitepu bukan sihotang, penulis itu mengada ada cerita, gimn caranya sihotang berubah jd sitepu sementara asal perubahan namanya aja, gk ada jalur ceritanya, hya dibilang dari sihotang hhhaaa, gk ada yg benar ngaco srmua kalian org batak. mau mengakui marga org lain, sebgai asal marganya
Hapuslaw sya tdk merasa dgn sihotang bersaudara, krn tdk ada hubungannya, tp kalau sitepu sma sitepu. sitepu sma barus, sitepu sama sinuraya dll, itu baru bersaudara, jgn malu makai marga asli kalian, jgn pernah marga org, kalian bilang bersal dari marga kalian, tolong sadar kan saudara2 kalian, bhwa sitepu bukan sihotang. , karna kalian hya mengakui milik org , milik kalian, seblm ada batak suku karo sudah ada,
HapusSihotang sama dengan sitepu !!! Tpi bukan sitepu berasal dri sihotang. Klo di toba sihotang klo di karo sitepu.
HapusSihotang sama dengan sitepu !!! Tpi bukan sitepu berasal dri sihotang. Klo di toba sihotang klo di karo sitepu.
Hapusgimana pun kata orang anggap saja TONG KOSONG NYARING BUNYI NYA. aku senang baca ini, semakin menambah wawasan. Saya benci yg mengatakan ini HANYA DONGENG. tau apa soal ini? Saya senang karna saya juga tau saya SITEPU DARI SIHOTANG SITorBANDOLOK.
BalasHapusSaya juga Sitepu dari Sihotang Sitorbandolok...
HapusSaya Batak Karo,
Karo itu sudah pasti batak,
Batak belum tentu karo.
Salam persaudaraan
berarti kau tdk asli karo, sitepu kmi tdk pernah memberi pengetahuan tentang sitepu itu dari sihotang, coba kau beri tahu gimn caranya bisa berubah sihotang jd sitepu, dari kosa katanya aja , gk da kemiripan, aq kasi dikit ya, sitepu ni berasal dari ank sikaro karo, anak ketiga dari sikaro karo, dulu masi ank2 sitepu ini, pergi kekampung lain, sitepu ni konon sakti, dia tdk terkalahkan, sebelum namanya sitepu, dia dipanggil namanya sipuaa, berasal dari ipuputa, yg artinya dari kampung kta, tanah karo , hingga besar namya jd sitepu, itlah perubahn namanya. ,, mohon yg tdk tau hrs paham yaaaas
Hapussaya sitepu rumamis, kesain rumah jahe, asli karo bukan batak, batak itu dongeng, masa keturunannya berasal dari langit, turunnya pakai spa ya hahahhhh
Hapussitepu ya sitepu gk bisa diganti ganti, masa kalian pula yg tsu ttg suku org lain, sebentarblgi rumah kami ini, kalian bilang berasal dari kalian jga kah??
HapusDi toba sihotang dikaro sitepu. Pas
HapusDi toba sihotang dikaro sitepu. Pas
HapusSetuju apparakku, kita saudara
HapusBaru tau :V
BalasHapusSaya sudah lama mengetahui Marga Sihotang sama dengan Marga Sitepu,
BalasHapusmungkin bisa juga terdapat keturunan Marga Batak Toba yang merupakan Marga dari Suku Lain
Jadi semua tidak masalah, karena menurut saya fakta tersebut bertujuan untuk Mempererat Hubungan
Bagem lah ia, (songoni ma)
Horas Tu Hita Saluhutna, Mejuah2 man kita kerina
Salah dong ,kakek saya sitepu rumah dudu (doe-doe) ,dia bilang asalnya dari sukanalu simbelang kec.barusjahe
BalasHapusSitepu doe-doe asli karo bukan batak, jaman dulu sitepu doe-doe bertugas sebagai peniup seruling yang menandakan orang bisa ke ladang yang bunyi serulingnya dududu, jadi mereka di sebut sitepu dudu(doe-doe)
Bila ada yang mau nambahte atau salah kata terima kasih🙏
aku anak tuhan tidak mau aku jadi keturunan nenek monyang orang lain
BalasHapusKalau suku jawa yang sekarang merantau ditanah karo,beristri/ beranak pinak,dan sudah diberi merga karo.Ratusan tahun mendatang mengklaim bahwa suku karo berasal dari Jawa,anda percaya?
BalasHapusaq sitepu rumamis, tdk percaya dongeng batak dan tarombo batak, yg mengaburkan sejarah nenek moyang org karo, tarombo batak diciptakan dan ditulis dibuku oleh w.m hutagalung yg dibaca oleh byk org batak, dan disebarkan dari mut kemulut, seolah olah bukunya atas dasar sejarah, begini aja, bisahkah org lain mrngetahui rumah tangga org lain? jwab
BalasHapusaq sitepu rumamis, tdk percaya dongeng batak dan tarombo batak, yg mengaburkan sejarah nenek moyang org karo, tarombo batak diciptakan dan ditulis dibuku oleh w.m hutagalung yg dibaca oleh byk org batak, dan disebarkan dari mut kemulut, seolah olah bukunya atas dasar sejarah, begini aja, bisahkah org lain mrngetahui rumah tangga org lain? jwab
BalasHapussitepu bukan sihotang dan karo bukan batak terima kasi
BalasHapussitepu bukan sihotang dan karo bukan batak terima kasi
BalasHapusCoba anda bertanya dari mana asal usul marga anda sejak abad ke brapa.
BalasHapusKeluargaku bayak batak karo mengaku batak. Klo anda tdk mengaku batak jangan kamu bawa2 nma karo. Itu pribadi kamu jangan songon lo kmu itu di karo haya seglintir. Jdi jangan km mengatas namakan karo kualat km
BalasHapusYa keluargamu itu yg udh campuran maka mengaku2 batak karo. Kami yg karo asli tidak mengaku batak.
HapusJangan karna kau yg batak karo maka kami karo asli ikut2 kau buat jadi batak
Keluargaku bayak batak karo mengaku batak. Klo anda tdk mengaku batak jangan kamu bawa2 nma karo. Itu pribadi kamu jangan songon lo kmu itu di karo haya seglintir. Jdi jangan km mengatas namakan karo kualat km
BalasHapuskaro karo kebanyakan asalnya dari Naibaho seperti sitepu dan sinulingga ( sitopu dan lingga ) berasal dari Naibaho Sidauruk anak ketiga dari Porhas Jap Jap ( anak pertama Raja Naibaho )
BalasHapussedangkan Sinuaraya dan Sinuhaji berasal dari marga Angkat, sedangkan karo karo ujung, kemit dan samura berasal dari marga Ujung yang merupakan keturunan dari Tolpak Lading ( anak kedua Raja Naibaho )
Untuk karo karo Manik di Tanah Karo berasal dari Pakpak yang asal usul nya ada dari 2 yaitu Manik Siketang ( anak kedua Aman Saga Pulo keturunan Raja Sihotang ) dan Gajah Manik ( anak ke 6 Tolpak Lading keturunan Raja Naibaho )
Maka dari itu ketika bertemu dengan marga Sihombing Lumbantoruan, mereka mengakui dirinya masuk Karo karo di Tanah Karo, sedangkan sihombing Lumbantoruan bukan darah dari si Raja Oloan, hanya tetapi mereka padan dari Naibaho yang mengikat sumpah menjadi saudara dan tidak bisa saling sepengambilan. Karena Karo karo merupakan keturunan dari Naibaho maka SIhombing Lumbantoruan menyatakan diri mereka masuk karo karo juga
Jadi bisa dipastikan Karo karo berasal dari Naibaho ( anak Si Raja Oloan )
Mejuah juah man banta kerina
Muncul karangan bebas baru lagi
HapusSemua komentar menambah wawasan . Tidak ada yg bisa membenarkan opini satu dan lainnya melainkan diri sendiri.
BalasHapusDalam hal ini, darimanapun kita berasal secara genetik kita telah mewarisi "penanda" yaitu Merga/Marga.
Rasa ingin tahu terhadap silsilah keberadaan kita dari zaman nenek moyang membuat rasa rindu kembali ke dimensi lampau.
Bagaimana wajah nenek moyang kita dulu, bagaimana mereka hidup, bagaimana mereka bersosialisasi .
Segudang pertanyaan dalam benak kita terselip ketika ada ranah diskusi tentang eksistensi kita.
Semuanya karena kita mewarisi tali darah dari nenek moyang yang kita rindukan di generasi lalu.
Salam
Rahmat Sitepu Badiken
Bagi yang mau bersosialisasi dan bersilaturahmi
BalasHapusWA : 081267251208
Fb: rahmatsyah sinarta sitepu
Inst: rahmatdesitepoe
Kalau simanjuntak masuk Karo itu marga apa ya?
BalasHapusIjin min, marga simanjuntak kalau ke karo/simalungun sama dengan marga apa ya min?
BalasHapusTks
Saya Sitepu usia 62 tahun, asal Sukanalu. Lahir dan besar di Sukanalu. Saya dari bulang dan bapak saya tidak pernah diceritakan Sitepu turunan Sihotang. Lain itu, dari seluruh Desa Sukanalu sejauh saya berbicang tidak pernah ada sepatah kata yang dapat dijadikan indikasi Sitepu merupakan turunan Sihotang. Sentabi, Pak Kok Sitepu dan Pak Matang Sitepu dua-duanya berasal dari Sukanalu. Kurang lebih kedua Bapak ini sebaya dengan bapak kandung saya. Saya tidak pernah mendengar dari salah seorang merga Sitepu di Kampung itu menyatakan Sitepu merupakan turunan Sihotang. Kakek saya merga sitepu meninggal ketika saya berusia 16 tahun, hingga akhir hayatnya, tidak pernah menceritakan kepada saya dan juga saudara kandung saya, bahwa Sitepu dari Sihotang. Saya pribadi senang saja kita (Sitepu dan Sihotang) bersaudara, tetapi saya menyatakan tidak cukup bukti Sitepu merupakan turunan Sihotang. Saudaraku Sihotang kita boleh bersaudara, dan itu baik. Saya pribadi jika ketemu marga Sihotang saya anggab saudara, tapi sekali lagi maaf belum bisa terima Sitepu berasal dari Sihotang. Kalau ada saudaraku Sihotang pada zaman dahulu kala merantau ke Karo lalu diterima jadi Sitepu itu lebih masuk akal. Terus tidak perlulah kita ribut soal asal muasal ini. Sudah kita bersaudara saja. Kota-kota di dunia ini juga saling mencari saudara, makanya ada sister city. Nah apa lagi kita, mari kita bermerga city..... Bagi saya, kalau ada saudara saya Sitepu mergana merasa turunan Sihotang, sah saja. Hal itu bisa terjadi, tapi sekali lagi bukan berarti Sitepu dalam arti aslinya merupakan turunan Sihotang. Mudah-mudahan kecanggihan tehnologi sekaliwaktu bisa mengungkap..... Terimakasih. Mejuah-juah
BalasHapusSaya sitepu pande besi (RUMAH BUTAR) dari naman teran tidak pernah mendengar cerita nibulang saya kalo sitepu berasal dari sihotang kalo sitepu adalah anak ke 3 karo karo itu pernah mohon maaf saudaraku kalo ada salah
BalasHapuscerita dongeng..
BalasHapushttps://www.transriau.com/read-501-17732-2023-02-04-gubri-syamsuar-resmikan-perkutaan-sitepu.html
BalasHapus